Oleh: fitrianitrirahayu | 16 Oktober 2010

HASIL REFLEKSI LSBS

KEGIATAN REFLEKSI LSBS

 

Hari / Tanggal     : Senin, 30 Agustus 2010

Tempat                 : Ruang Perpustakaan

Waktu                   : 12.30 – 14.30

Moderator              : Mujirin S.Pd, Fitriani TR S.Pd

Notulis                   : Fitrianingrum DH S.Pd

Nara Sumber          : Turaharto S.Pd, Masrun S.pd

 

 

Susunan Acara

1.Pembukaan

2.Kesan kesan guru bopen class

3.Pemaparan hasil kegiatan

4.Tanggapan Guru open class

5.Tanggapan Nara Sumber

 

Acara dibuka pada pukul 12.30 dengan bacaan basmalah bersama sama.

Kesan kesan guru open class

Guru open Class ke 1: Masrun S.Pd  membuka open class  dikelas 7B jam ke 1 dan 2.Guru open class mengemukakan kekhawatirannya akan adanya penurunan kosentrasi belajar siswa tetapi hal tersebut tdk terbukti karena ada peningkatan antara hasil pretest dan post test. Kekhawatiran yang kedua adalah siswa akan kesulitan membedakan perkalian bilangan bulat dan pecahan  dan hasilnya nantinya dapat dilihat pada saat pelaksanaan post test.

 

Pengamatan dari observer:

1. Pujiono S.Pd

– Hampir semua siswa sudah terlibat aktif dalam pembelajaran

– Semua siswa sudah belajar dengan baik tidak ada yang bermain sendiri

– Guru open class sudah menggunakan metode diskusi kelompok dan menggunakan LKS yang tersetruktur dengan baik.

– Semua siswa aktif berdiskusi

– Sudah ada siswa yang aktif bertanya kepada guru.

– Siswa semangat mengerjakan latihan karena LKS nya adalah LKS yang tersetruktur.

– Siswa sudah cukup baik mengikuti pelajaran.

2. Mudzakkir S.Pd

– Pada proses diskusi kelompok,dikelompok E belum terjadi interaksi/ kerjasam yang baik antara siswa satu dan siswa yang lainnya Karena tugas masih dikerjakan oleh beberapa orang siswa. Sarannya sebaiknya dibentuk ketua kelompok yang bertugas memimpin diskusi.

– Perlu pembenahan pada posisi tempat duduk siswa.Siswa yang duduk membelakangi papan tulis merasa kesulitan sehingga tempat duduk perlu diubah untuk memudahkan mereka dalam menerima pelajaran.

– Pengelolaan waktu efektif, sekenario berjalan dengan baik.

3. Dwi Wulan H S.Pd

– Pada point 2 siswa yang tidak bisa menerima pelajaran adalah Arif Susanto dan Rio.

– Dikelompok D siswa yang bernama Arif Susanto kelihatan gelisah dan tidak aktif dalam berdiskusi.Siswa tersebut juga memainkan balpoin dan terus menerus menggoyang goyangkan kaki.

–  Siswa yang bernama Rio ketika temannya bekerja dia malah memilin milin kertas.

 

4. Ika Idayati S.Pd

– Dikelompok E siswa yang bernama Al Furkon kurang aktif berdiskusi, dia hanya memperhatikan teman temanya mengerjakan dan menyalin jawaban temannya.

– Akan lebih baik apabila siswa duduk menghadap ke papan tulis supaya mudah menerima pelajaran.

– LKS diberikan lebih dari satu di satu kelompok diskusi supaya merata .

5.Fitriani TR S.Pd.

– Al Furqon Dikelompok E tidak memperhatikan guru.

– Di kelompok A, LKS yang dibuka bukan LKS yang diberikan oleh guru open class dan mereka rebut sendiri karena ada soal yang belum/ tidak bisa mereka kerjakan.

 

Tanggapan dari guru open class  Bp Masrun S.Pd

– Pembelajaran tidak berhasil pada siswa yang bernama Arif Susanto, pre test dia mendapatkan nilai 2 sedangkan di post test mendapatkan nilai 4.

– Ada pembelajaran yang kurang menarik sehingga perlu diperbaiki.

– Tambahan LKS akan diperhatikan dan dipertimbangkan untuk pembelajaran berikutnya.

– Pada kelompok A lembar jawab sudah terisi semuanya, tetapi perlu diperhatikan apakah jawabannya menyalin dari papan tulis ataukah mengerjakan sendiri.

– Mengucapka terima kasih atas segala saran dan masukan dan menerimanya dengan baik.

 

Tanggapan dari Nara sumber Bp Turaharto S.Pd

– RPP sudah dilaksanakan dengan baik.

– Tata pengelolaan dikerja kelompok perlu pembenahan

– Ada kesan terburu buru dalam Kegiatan belajar mengajar untuk kedepan lebih diperhatikan lagi.

 

Guru open class ke 2 : Turaharto S.Pd

Open class di kelas 9C jam 4-5. Guru open classs merencanakan mengunakan power point tetapi ada kendala sehingga tidak bisa dilakukan. Penilaiannya hanya ada 3 kelompok diskusi sehingga tidak mewakili secara keseluruhan. Kerja individu sudah dikerjakan secara maksimal, hasil mencapai 99%. Materi yang diberikan belum sulit tetapi ketika dikembangkan hasil siswa belum bisa memuaskan.Guru open class meminta pada observer untuk membantu mengamati siswa.

 

1.Eny S S.Pd

– Pada pendahuluan tentang unsur tabung siswa sudah paham.

– Siswa terlihat sangat termotifasi.

– Siswa memperhatikan ketika guru menyampaikan materi.

– Siswa terlihat aktif pada saat kerja diskusi.

– Siswa tekun dan serius dalam kegiatan evaluasi.

2.Pujiono S.Pd

– Pembelajaran sudah bagus tetapi ada siswa yang masih bingung pada saat menyebutkan rusuk pada tabung.

– Kegiatahn masih banyak didominasi oleh guru. Guru hendaknya memberikan kesempatan pada siswa untuk menuliskan rumus dipapan tulis.

– Ada kelompok yang belum selesai tetapi sudah ada yang presentasi.

– Ada siswa yang bingung mengambil kesimpulan tentang materi pembelajara.

3. Drs Sukilam

– Aktifitas siswa baik tewtapi ada yang belum selesai tetapi sudah dibahas.

–  Siswa kurang bisa membedakan antara yang serius dan tidak serius atau yang bersifat humor.

– Soal kurang explisit.

– Menyarankan untuk bisa membedakan mana yang serius dan tidak serius supaya tidak membingungkan siswa.

4.Nurhadiwiyati S.Pd

– Anak antusias, termotifasi dan responsive.

– Ada anak yang tidak kebagian kelompok dalam pembagian kelompok.

– Dalam mengambil kesimpulan guru sudah membimbing tetapi siswa kurang berani mengemukakan pendapat.

– Sebaiknya ada pemerataan dalam menunjuk siswa untuk menjawab pertanyaan.

5. Masrun SPd

– Jangan sampai terjadi lawakan lebih menarik dari materi.

– Bapak ibu guru harus memberi apersepsi tingkat tinggi.

– Jawaban koor harus dihadapi dengan hati hati karena tidak mencerminkan pembelajaran yang sesungguhnya.

– Aktifitas siswa dalam mengerjakan diskusi sudah bagus

– Dalam mengerjakan soal Matematika harus sintaks.

– Dalam mengambil kesimpulan sudah bagus.

 

Tanggapan dari nara sumber :Masrun SPd

Nara sumber mengatakan eleborasinya harus bagus.

 

Guru open class ke 3: Eny S  S.Pd

 

Membuka buka kelas di kelas 8F jam pelajaran ke 6-7

Menyadari semua kekurangan dan menerima saran dan masukan. Guru open class mengatakan mengajar tidak sesuai dengan RPP, di RPP tercantum ada tugas individu tetapi tidak terlaksana.

Tanggapan dari observer

1.Turaharto S.Pd

– Pendahuluan mayoritas belum tercapai.

– Aktifitas pada saat menerangkan ada siswa yang tidak memperhatikan.

– Diskusi kelompok 5 kurang aktif.

– Kegiatan individu tidak tercapai.

– Pada saat mengambil kesimpulan anak tidak kosentrasi karena melihat kelas lain sudah pulang.

– Kurang penekanan pada siswa sehingga siswa masih kelihatan bingung .

2.Dwi Wulan H S.Pd

– Aktivitas sebagian besar sudah berjalan dengan baik.

– Diskusi pada kelompok 1 ada yang tarik tarikan rambut dan bercanda canda dengan temannya .

– Siswa yang bernama Tofik tidak nenperhatikan dan kurang bersemangat.

3.Heri S  S.Pd

– Pada kegiatan KBM sudah berjalan baik walaupun ada anak yang bermain main sendiri.

– Untuk kegiatan diskusi kelompok membutuhkan kosentrasi tersendiri dari guru.

– Ada anak yang terlihat kurang aktif.

– Menejemen waktu perlu diperhatikan.

– Dalan nenbuat gambar menggunakan spidol yang berbeda warna supaya lebih nebarik perhatian siswa.

 

4.Masrun S.Pd

-Pembelajaran masih monoton.

– Tingkat doninasi guru masih tinggi.

– Siswa di beri kesenpatan lebih banyak.

– Jangan menyuruh anak mengerjakan dengan terburu buru, siswa diberi kesenpatan untuk berpikir.

– Siswa diberi pertanyaan tingkat tinggi.

– Kelompok 8 dan kelompok 1 aktivitasnya bagus.

– Aktivitas pendahuluan perlu dineri variasi.

 

Tanggapan guru buka kelas.

Menerima semua masukan dan saran dari semua observer. Untuk open class selanjutmya akan lebih nemperhatikan menejemen waktu.

 

Tanggapan dari nara sumber Masrun S.pd

–          Untuk mengantisipasi jawaban koor tidak boleh memenggal kata atau kita hendaknya menyampaikan kata secara utuh. Selain itu jawaban koor belum tentu menunjukan siswa sudah paham sehingga perlu diberikan pertanyaan secara individu.

–          Untuk mengatasi permasalahan dalam memenej waktu  perlu dilaksanakan perencanaan dan percobaan selain itu hendaknya kita membuat matrik yang berisi pembagian waktu.

 

Kegiatan Refleksi ditutup pada pukul 14.30 dengan bacaan Hamdalah bersama sama.

 


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: